spot_img
BerandaPerencanaan KeuanganSebelum Membeli Rumah KPR Ketahui Dulu Untung Ruginya

Sebelum Membeli Rumah KPR Ketahui Dulu Untung Ruginya

Saat ini memiliki rumah sendiri bukan lagi suatu hal yang sulit, meskipun sobat berpenghasilan pas-pasan karenanya adanya fasilitas rumah KPR yang diberikan oleh kalangan perbankan.

Kredit Kepemilikan Rumah atau sering disebut dengan KPR adalah salah satu bentuk kredit properti yang menjadi alternatif pembiayaan bagi setiap orang yang tidak bisa membeli rumah secara cash.

Apa itu Rumah KPR?

Apa itu Rumah KPR
Apa itu Rumah KPR | pinhome.id

Kredit Pemilikan Rumah KPR) adalah fasilitas pinjaman atau pembiayaan yang diberikan untuk pembelian rumah, merenovasi atau membangun rumah/ruko, di mana pinjaman tersebut dapat diangsur dalam jangka waktu dengan jumlah angsuran tertentu.

Saat ini, terdapat 2 jenis Kredit Kepemilikan Rumah di Indonesia yaitu sebagai berikut.

  1. KPR Subsidi, adalah jenis kredit rumah yang ditujukan bagi masyarakat yang berpenghasilan menengah ke bawah. KPR bersubsidi ini sebagai bentuk bantuan berupa pengurangan DP dan suku bunga dari pemerintah.
  2. KPR Non subsidi, adalah KPR yang diperuntukkan bagi seluruh kalangan masyarakat. Pembiayaan dalam KPR non subsidi atau konvensional murni dari kebijakan bank tanpa ada campur tangan dari pemerintah. Sehingga suku bunga KPR konvensional ini akan mengacu pada suku bunga Bank Indonesia.
  3. KPR Syariah, adalah jenis KPR yang berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam di mana prinsip yang diterapkan bukan sistem bunga akan tetapi dengan nisbah atau bagi hasil, sehingga KPR syariah memiliki cicilan yang tetap setiap bulannya.

Keuntungan Membeli Rumah KPR

Keuntungan Membeli Rumah KPR
Keuntungan Membeli Rumah KPR | thesun.co.uk

Tujuan utama dari pembiayaan KPR ini tidak lain adalah untuk membantu setiap orang agar bisa memiliki rumah dengan mudah. Di Indonesia sendiri, Kredit Kepemilikan ini sudah disediakan oleh banyak Bank. Sehingga siapa saja dapat menggunakan fasilitas ini selama memenuhi ketentuan dan persyaratan. Berikut keuntungan membeli rumah dengan KPR.

1. Tidak Perlu Dana Besar

Untuk membangun rumah tentunya kamu memerlukan dana yang tidak sedikit. Bagi sobat yang mempunyai penghasilan pas-pasan mungkin suatu hal yang sulit untuk bisa mempunyai rumah pribadi. Namun, melalui pembiayaan KPR, setiap orang tidak harus menyediakan dana besar seharga rumah.

Sobat bisa memiliki berbagai tipe properti cukup dengan memiliki uang muka sejumlah tertentu. Akan tetapi, yang tetap harus diperhatikan adalah bahwa semakin kecil uang mukanya maka akan semakin tinggi tingkat bunga dan cicilan yang harus kamu bayarkan.

2. Legalitas Terjamin

Dalam pembiayaan perbankan, sebelum bank dan developer melakukan kerja sama, pihak bank akan meminta beberapa dokumen legalitas kepada developer seperti sertifikat induk, IMB dan beberapa lainnya. Oleh karena itu, legalitas rumah KPR lebih aman dan terjamin karena pihak bank dan notaris telah melakukan uji tuntas (due diligence) terlebih dulu.

3. Terdapat Perlindungan Asuransi

Melalui pembiayaan KPR, pihak bank akan akan mengikutsertakan debitur dan aset properti yang dibeli dalam program asuransi. Biaya asuransi ini sudah termasuk ke dalam jumlah cicilan yang ditanggung debitur.

Kerugian Membeli Rumah Dengan KPR

Kerugian Membeli Rumah KPR
Kerugian Membeli Rumah KPR | nzherald.co.nz

Banyak orang yang mengajukan KPR hanya dengan mempertimbangkan keuntungannya saja, padahal terdapat sejumlah kerugian yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah KPR.

1. Uang Muka yang Besar

Di samping menawarkan solusi, salah satu yang masih menjadi masalah pembelian rumah dengan KPR adalah uang muka yang tergolong masih besar. Sobat mungkin perlu menyiapkan dana sekitar 10% sampai 20% sebagai DP. Semakin tinggi harga rumah, tentunya akan semakin besar juga uang muka yang perlu disiapkan.

2. Harga Menjadi Mahal

Harga rumah KPR menjadi lebih mahal dikarenakan adanya biaya-biaya lain yang harus ditanggung, seperti biaya akad kredit dan biaya bunga. Jika sobat membeli rumah KPR dengan uang muka 10% dalam jangka waktu 5 tahun misalnya, maka harga properti tersebut akan lebih mahal dari harga cash.

3. Sertifikat Akan Ditahan

Rumah yang dibeli dengan KPR sekaligus akan menjadi jaminan bagi pihak bank, sehingga sertifikat rumah akan ditahan oleh Bank sampai cicilan atau kredit dilunasi.

Jadi, meskipun kamu sudah menempati rumah tersebut sejak akad dilakukan, secara legalitas rumah tersebut baru sah menjadi milikmu ketika cicilan sudah lunas.

4. Biaya Bunga Bisa Berubah

Perhitungan bunga oleh pihak Bank dalam pembiayaan Kredit Kepemilikan Rumah yaitu menggunakan floating rate yang mana di pengaruhi oleh suku bunga Bank Indonesia (BI rate). Sehingga jika BI rate naik, maka bunga Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) akan ikut naik. Tentu saja hal ini akan menjadikan cicilan rumah KPR juga akan naik.

5. Rumah Dapat Bisa Sewaktu-Waktu

Apabila sewaktu-waktu cicilanmu macet atau tidak punya dana yang cukup untuk membayar kredit sesuai dengan tenor yang telah ditentukan, maka rumah tersebut akan disita oleh pihak Bank.


Nah, itulah untung rugi membeli rumah KPR yang perlu sobatduit ketahui. Semoga dengan pembahasan ini sobat bisa lebih tercerahkan dan dapat membuat keputusan yang bijaksana. Semoga bermanfaat.

Trending