spot_img
BerandaPerencanaan KeuanganPerencanaan Keuangan? Emangnya Penting?

Perencanaan Keuangan? Emangnya Penting?

Perencanaan keuangan atau financial planning itu dapat ibaratkan seperti ketika kamu akan bepergian ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi. Tentu kamu akan memilih menggunakan maps atau GPS sebagai panduan untuk membantumu sampai ke tujuan tanpa salah alamat. Lantas apa hubungannya dengan perencanaan keuangan?

Jika sudah memiliki tujuan keuangan, maka kamu tentu membutuhkan suatu panduan agar semua impian dan tujuan keuanganmu dapat tercapai. Nah, financial planning inilah yang dimaksud dengan panduan yang sesungguhnya kamu butuhkan. Karena pada dasarnya, dalam mencapai berbagai tujuan, hal yang paling penting adalah melakukan perencanaan.

Seperti halnya ketika kamu ingin melakukan sesuatu, pastinya hal pertama yang kamu lakukan adalah membuat perencanaan. Misalnya ketika kamu menginginkan travelling untuk merehatkan diri dan pikiran dari pekerjaan, pastinya kamu akan memilih dan menentukan destinasi wisata serta seberapa lama kamu akan berlibur. Lalu, kamu akan mencari tahu berapa budget yang dibutuhkan.

Baca Juga:

Maka selanjutnya kamu pun akan melakukan persiapan dana bisa dengan menabung atau menghemat pengeluaranmu. Nah, sama seperti contoh saat kamu membuat persiapan berlibur, kita juga perlu melakukan perencanaan terhadap keuangan agar supaya bisa mencapai berbagai keinginan utama dan tujuan keuangan lainnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Beberapa keinginan utama setiap orang umumnya seperti mempersiapkan dana pernikahan, dana untuk membeli rumah, dana untuk membeli mobil, dana ibadah haji atau umrah, dana pendidikan anak, dan dana pensiun.

Apa itu Perencanaan Keuangan?

Apa itu Perencanaan Keuangan.
Apa itu Perencanaan Keuangan. | nube.com.br

Perencanaan keuangan adalah suatu cara mengelola keuangan yang dilakukan oleh setiap orang atau keluarga untuk memenuhi berbagai keinginan atau tujuan keuangan yang efektif dan efisien.

Perencanaan keuangan merupakan salah satu tahapan dari manajemen keuangan. Secara umum, aktivitas yang dilakukan dalam perencanaan keuangan adalah proses perencanaan mengelola seluruh pendapatan untuk mencapai tujuan keuangan.

Keterampilan manajemen keuangan ini sangat penting dimiliki oleh setiap orang atau keluarga. Hal ini karena sehat tidaknya kondisi finansial sangat tergantung pada pengambilan keputusan yang berkaitan dengan cash flow.

Kurangnya pengetahuan terkait manajemen keuangan, khususnya finansial planing, maka ekonomi keluarga bisa saja menjadi tidak sehat dan berantakan. Ini akan mengakibatkan kurangnya ketenteraman dan kesejahteraan dalam keluarga. Bahkan lebih jauh lagi bisa menjadi penyebab keretakan suatu keluarga.

Cara Merencanakan Keuangan

Cara Merencanakan Keuangan
Cara Merencanakan Keuangan | brainstudy.info

Melakukan manajemen keuangan bukanlah suatu hal yang mudah dan bisa
dilakukan dengan begitu saja oleh setiap orang. Namun, untuk tahap perencanaan keuangan keluarga terbilang sangat mudah. Ada 3 langkah mudah dalam membuat finansial planing yang menjadikan keuangan keluarga lebih sehat dan sejahtera.

1. Kenali kondisi keuangan

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam melakukan perencanaan keuangan adalah dengan mengetahui bagaimana keuangan keluarga. Keluarga kita punya apa saja sebenarnya?

Buatlah pendataan terkait seluruh pendapatan dan harta kekayaan yang dimiliki. Harta benda yang dimaksud adalah semua uang dan barang berharga yang kita punya yaitu seperti tabungan, rumah, kendaraan, tanah, perhiasan dan barang berharga lainnya yang mempunyai potensi nilai yang masih bagus jika dijual kembali di masa depan.

Di samping mencatat total kekayaan harta benda, kita juga perlu mendata seluruh utang yang kita punya. Kita harus mengetahui seluruh kewajiban baik dalam bentuk pinjaman uang maupun kredit atas pembelian suatu barang seperti kredit rumah, motor dan modal usaha.

Kondisi keuangan dapat dikategorikan sehat jika total kekayaan lebih besar daripada total utang. Namun, sebaliknya jika total kekayaan lebih kecil dari utang, maka kita harus mencari solusi untuk mengatasinya. Lalu, solusi mengatasi utang tersebut perlu dimasukkan dalam tujuan keuangan.

2. Tetapkan apa saja tujuan keuangan dalam rumah tangga

Selanjutnya buatlah daftar semua keinginan dan tujuan keuangan lainnya baik untuk saat ini maupun masa mendatang. Pikirkan apa saja yang menjadi kebutuhkan atau keinginanmu. Tulis juga anggaran dan yang diperlukan dan berapa lama jangka waktu pencapaian dari masing-masing tujuan tersebut.

Untuk memudahkanmu, buatlah urutan tujuan keuangan tersebut berdasarkan urutan pemenuhannya. Prioritaskanlah tujuan mana yang lebih penting dibandingkan yang kurang penting atau bahkan tidak penting sama sekali.

Baca juga: Menentukan Tujuan Keuangan untuk Masa Depan

3. Evaluasi kesehatan keuangan

Apa sih pentingnya memiliki kondisi keuangan yang sehat? Kita tentu tidak asing lagi dengan istilah pemeriksaan kesehatan atau kondisi tubuh. Bahkan banyak orang telah membuat jadwal untuk melakukan pemeriksaan tersebut.

Tujuannya adalah agar mendapatkan informasi tentang kesehatan tubuh, agar kita dapat mengambil suatu tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki kondisi kesehatan yang kurang baik serta melakukan peningkatan kualitas kesehatan di masa mendatang.

Layaknya tubuh, begitu pula dengan kesehatan keuangan kita yang mempunyai potensi untuk sakit. Kamu mungkin sering mendengar keluhan orang-orang di sekitarmu atau bahkan kamu sendiri yang sering berada di kondisi seperti.

  • Pas gajian langsung habis buat bayar utang atau keperluan lainnya
  • Merasa tidak memiliki banyak uang dan selalu kekurangan uang
  • Sudah bekerja selama bertahun-tahun tapi tabungannya masih segitu-gitu saja
  • Pendapatan habis digunakan untuk keperluan konsumtif saja
  • Banyak kebutuhan yang belum terpenuhi dengan baik
  • Sering melakukan pinjaman ketika ada beberapa keperluan yang mendesak

Nah, kondisi-kondisi di atas menandakan bahwa keuanganmu sedang tidak sehat atau sakit. Maka kamu perlu melakukan evaluasi dengan memeriksa apa kira-kira benang merahnya.

Segera telusuri di bagian mana kondisi finansialmu terdeteksi kurang sehat. Kamu bisa melakukan pengecekan dengan menghitung total pendapatan dan total pengeluaran. Lalu, buatlah perbandingan antara keduanya.

Jika ternyata pengeluaran melebihi pendapatan yang ada, maka ini menandakan bahwa kondisi keuanganmu sedang sakit atau bahkan sekarat. Dengan demikian, agar sakit tersebut tidak semakin parah, maka kamu perlu memikirkan solusi dari permasalahan.

Nah, itulah beberapa tahap finansial planing yang akan membantumu meningkatkan kesehatan keuanganmu. Segera rencanakan keuanganmu sekarang, tentukan tujuan keuangan yang ingin di capai dan kontrol arus dana keluar dengan sebaik-baiknya. Selamat mencoba.

Trending