spot_img
BerandaPerencanaan KeuanganKenali Jenis Laporan Keuangan Perusahaan Dan Contohnya

Kenali Jenis Laporan Keuangan Perusahaan Dan Contohnya

Laporan keuangan yang disusun oleh perusahaan terdiri dari beberapa jenis, hal ini didasari dari tujuan pembuatan laporan keuangan tersebut. Dari masing-masing laporan keuangan perusahaan memiliki karakteristik tersendiri dalam menggambarkan kondisi finansialnya.

Nah, langsung saja pada kesempatan ini kabarduit akan membahas jenis-jenis laporan keuangan beserta contohnya, yuk simak selengkapnya.

Jenis-Jenis Laporan Keuangan Perusahaan Beserta Contohnya

Jenis Laporan Keuangan Perusahaan
Jenis Laporan Keuangan Perusahaan | baytax.com

Dalam praktiknya, terdapat lima jenis laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan berdasarkan periode waktu tertentu.

1. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi (income statement) adalah laporan keuangan yang menunjukkan tingkat keberhasilan operasional perusahaan selama suatu periode waktu tertentu. Umumnya informasi yang disajikan dalam laporan laba rugi yaitu:

  • jenis pendapatan yang diperoleh perusahaan dalam suatu periode waktu
  • jumlah masing-masing dan keseluruhan pendapatan
  • jenis biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam suatu periode waktu
  • jumlah masing-masing dan keseluruhan pengeluaran

Dari jumlah pendapatan dan pengeluaran yang dilakukan perusahaan akan diperoleh selisih yang merupakan laba atau rugi. Apabila tingkat pendapatan lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran, maka perusahaan dikatakan laba. Sebaliknya apabila pendapatan yang diperoleh lebih sedikit dibandingkan pengeluaran, maka perusahaan dikatakan rugi.

2. Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal atau disebut juga laporan ekuitas pemilik adalah laporan yang menunjukkan perubahan dalam ekuitas pemilik atau modal suatu perusahaan dalam periode waktu tertentu. Informasi yang disajikan dalam laporan perubahan modal diantaranya:

  • jenis dan jumlah modal yang dimiliki perusahaan pada saat sekarang
  • jumlah perubahan modal
  • penyebab terjadinya perubahan modal
  • jumlah modal setelah terjadinya perubahan

Laporan ekuitas pemilik ini umumnya jarang disusun atau dibuat jika tidak ada perubahan modal di perusahaan, sehingga laporan ini akan dibuat hanya ketika perusahaan mengalami perubahan modal.

3. Neraca

Neraca (balance sheet) adalah laporan keuangan yang menggambarkan aset, liabilitas, dan ekuitas perusahaan pada periode waktu tertentu. Jika laporan laba rugi menunjukkan kinerja perusahaan, maka neraca menunjukkan posisi keuangan perusahaan. Adapun informasi yang disajikan dalam neraca meliputi:

  • jenis aset yang dimiliki perusahaan
  • jumlah masing-masing dari jenis aset yang dimiliki
  • jenis liabilitas atau kewajiban perusahaan
  • jumlah masing-masing jenis liability
  • jenis ekuitas perusahaan
  • jumlah masing-masing ekuitas

Dari informasi yang dimuat dalam neraca, dapat dikatakan neraca merupakan ringkasan dari laporan keuangan. Hal ini karena dari neraca kita dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan baik jenis dan jumlah harta (aset), kewajiban (liability), serta modal perusahaan (ekuitas).

4. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas (statement of cash flows) adalah laporan yang menggambarkan arus kas secara terperinci dari masing-masing kegiatan perusahaan, baik yang berpengaruh langsung terhadap kas maupun tidak. Laporan arus kas terdiri dari arus kas masuk dan arus kas keluar selama periode waktu tertentu.

5. Catatan Laporan Keuangan

Dari sejumlah laporan keuangan perusahaan dasar seperti laporan laba rugi, laporan perubahan modal, neraca dan laporan arus kas, tidak sepenuhnya dapat memberikan informasi yang diperlukan penggunanya. Sehingga diperlukan catatan atas laporan keuangan yang akan memberikan informasi apabila ada laporan keuangan yang memerlukan penjelasan tertentu.

Catatan atas laporan keuangan ini penting untuk lampirkan, agar pihak pemakai atau pengguna laporan tidak akan salah dalam menafsirkan setiap informasi yang disajikan di dalamnya.

Nah, itu dia jenis-jenis laporan keuangan perusahaan beserta contohnya agar sobatduit lebih mudah memahaminya. Semoga bermanfaat.

Trending