spot_img
BerandaPerencanaan Keuangan5 Aplikasi Catatan Keuangan Usaha Gratis Terbaik

5 Aplikasi Catatan Keuangan Usaha Gratis Terbaik

Sobatduit baru saja membangun bisnis dan masih bingung bagaimana caranya melakukan pencatatan keuangan? Jangan khawatir, pada kesempatan ini kabarduit punya beberapa rekomendasi aplikasi catatan keuangan usaha. Simak selengkapnya ya.

Pencatatan atas keuangan suatu usaha adalah salah satu hal yang sangat krusial bagi keberlangsungan suatu bisnis. Dengan adanya pencatatan keuangan, akan memudahkan sobat dalam mengelola setiap transaksi dalam bisnis.

Baca juga: Kelola Keuangan Pribadi dengan Aplikasi Pencatat Keuangan Terbaik Ini

Sebenarnya, sobat bisa saja membuat pembukuan tersebut secara manual pada buku catatan. Namun, hal ini pasti sangat merepotkan dan menyusahkan mengingat hitung-hitungan keuangan yang tidak sedikit, belum lagi jika sampai terjadi kesalahan dalam menyusun dan menghitungnya.

Oleh karena itu, aplikasi catatan keuangan menjadi solusi yang akan membantu sobat dalam menyusun pembukuan atas catatan keuangan usaha dengan cepat dan praktis.

Rekomendasi Aplikasi Catatan Keuangan Usaha Terbaik 2022

Saat ini, sudah banyak pelaku usaha yang mulai memanfaatkan aplikasi pencatatan keuangan untuk membantu mereka dalam mengelola keuangan bisnis. Tak heran, aplikasi-aplikasi pembukuan pun semakin banyak bermunculan, dari mulai yang gratis hingga berbayar.

Pastinya masing-masing aplikasi mempunyai fitur-fitur pendukung yang berbeda. Masalahnya lagi dengan banyaknya pilihan membuat sobat jadi bingung memilih aplikasi mana yang sebetulnya sesuai dengan pembukuan yang akan dibuat. Tenang, kabarduit sudah punya rekomendasi beberapa aplikasi menarik nih buat kalian. Berikut selengkapnya.

1. Buku Warung

Buku Warung
Buku Warung | kompasiana.com

Rekomendasi aplikasi yang pertama adalah Buku warung. Aplikasi ini hadir sebagai sebuah solusi yang akan membantu para pelaku usaha dalam membuat catatan atas segala transaksi keuangan mulai dari mengelola transaksi penjualan dan utang-piutang, mengelola stok produk, dan lain sebagainya.

Kini Buku Warung tidak hanya sebagai pembukuan saja, melainkan juga pembayaran digital yang tidak di bebankan biaya admin melalui bank atau dompet digital.

Untuk menggunakan fitur dan layanan Buku Warung kamu bisa menikmatinya secara gratis tanpa dibebankan biaya apa pun. Nah, aplikasi ini sangat di rekomendasikan bagi sobat yang baru saja merintis usaha yang tentunya belum punya anggaran khusus untuk berlangganan dengan aplikasi berbayar.

Selain tampilannya yang sangat sederhana, Buku warung adalah salah satu aplikasi catatan keuangan offline yang dapat dijalankan tanpa terkoneksi dengan jaringan internet sekali pun. Sobat dapat mengunduh aplikasi Buku Warung di Play Store maupun App store dengan gratis dan nikmati manfaatnya.

2. Teman Bisnis

Teman Bisnis
Teman Bisnis | Google play store

Teman bisnis adalah aplikasi catatan keuangan usaha yang diciptakan bagi para pebisnis yang dapat digunakan untuk mencatat, mengevaluasi kinerja keuangan, hingga mengembangkan bisnis. Aplikasi ini cocok untuk para pebisnis pemula yang tidak terlalu paham dalam pengelolaan keuangan.

Beberapa fitur yang ditawarkan Teman Bisnis adalah seperti mencatat transaksi yang lengkap dan juga mudah, membuat laporan keuangan, mengelola utang piutang secara berkala, dan mengelola persediaan barang.

Selain itu, Teman Bisnis juga menyediakan kontak bisnis yang dapat menghubungkan sobat dengan banyak pelanggan melalui kontak yang telah terintegrasi.

3. Buku Kas

Buku Kas
Buku Kas | Google play store

Rekomendasi aplikasi catatan keuangan usaha berikutnya adalah Buku Kas. Buku kas adalah aplikasi yang juga memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia dalam mengelola dan memonitor laporan keuangan usaha.

Baca juga: Kenali Jenis Laporan Keuangan Perusahaan Dan Contohnya

Melalui aplikasi ini setiap pelaku usaha dapat mencatat transaksi, membuat laporan keuangan secara otomatis, mencatat hingga menagih utang piutang dengan mudah. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengirim uang secara gratis tanpa biaya admin bank, dan beberapa kelebihan lainnya.

4. Finansialku

Finansialku
Finansialku | Google play store

Finansialku adalah aplikasi catatan keuangan usaha yang sudah memiliki lisensi dari OJK, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dan Internasional Organization for Standardization (ISO).

Aplikasi yang satu ini dapat membantu kamu dalam mengelola serta membuat perencanaan keuangan. Aplikasi Finansialku juga menyediakan jasa konsultasi online yang di mentoring langsung oleh para mentor yang sudah tersertifikasi. Selain merencanakan dan mencatat keuangan, kamu juga dapat berinvestasi menggunakan aplikasi ini.

5. Expense Manager

Expense Manager
Expense Manager | Google play store

Aplikasi catatan keuangan usaha selanjutnya adalah Expense Manager. Aplikasi pembukuan usaha ini juga banyak digunakan oleh para pebisnis lantaran fitur lengkap yang ditawarkan dapat dinikmati secara gratis tanpa harus berlangganan terlebih dulu.

Sejumlah fitur yang ditawarkan Expense Manager antara lain seperti manajemen biaya, faktur atau otomatisasi AP, manajemen penghasilan dan pengeluaran, memproses, membayar, hingga mengaudit keuangan dan masih banyak lainnya.


Nah, itu dia aplikasi catatan keuangan usaha yang bisa membantu sobatduit dalam membuat pembukuan, melakukan perencanaan keuangan, dan lain sebagainya. Untuk memudahkan, sebaiknya sobat memilih salah satu aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan sobat. Semoga bermanfaat.

Trending