spot_img
BerandaInvestasi6 Tips Sukses Memulai Investasi Properti di Usia Muda

6 Tips Sukses Memulai Investasi Properti di Usia Muda

Investasi properti atau berinvestasi dalam real estat adalah salah satu langkah mengelola uang paling cerdas dan menguntungkan yang dapat sobatduit lakukan. Investasi ini dapat menghasilkan pasif income secara berkelanjutan dan dapat juga mewakili peluang investasi jangka pendek atau jangka panjang. Ini dapat membantu mendiversifikasi portofolio investasi kamu yang ada dan menjadi aliran pendapatan tambahan.

Namun, kamu juga perlu memastikan bahwa kamu siap untuk mulai berinvestasi di real estat. Kamu perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit di awal memulai investasi real estat. Tentu saja, membeli rumah, kompleks apartemen, atau sebidang tanah tidak cukup dengan uang satu atau dua jutaan. Belum lagi biaya pemeliharaan berkelanjutan yang akan kamu tanggung setelahnya.

Apa Itu Investasi Properti?

Apa Itu Investasi Properti | business.aqarmap.com.eg

Investasi real estat merupakan properti yang di beli dengan tujuan memperoleh keuntungan investasi baik melalui pendapatan sewa, penjualan kembali properti di masa depan, atau keduanya. Properti dapat di miliki oleh investor individu, sekelompok investor, atau perusahaan.

Istilah investasi properti juga dapat di gunakan untuk menggambarkan aset lain yang dibeli investor untuk kepentingan apresiasi di masa depan seperti sekuritas, tanah, atau barang lainnya.

Properti investasi adalah properti yang tidak digunakan sebagai barang konsumtif atau di pakai untuk ditempati. Karena tujuan utama investasi real estat ini adalah di jadikan barang produktif atau menghasilkan pendapatan darinya.

Tips Memulai Investasi Properti

Tips Sukses Memulai Investasi Properti
Tips Sukses Memulai Investasi Properti | justdial.com

Pasar properti dipandang sebagai instrumen investasi yang relatif aman bagi investor. Tapi itu tidak berarti tidak ada resiko yang harus di hadapi. Karena dalam hukum klasik, resiko itu akan selalu berbanding lurus dengan keuntungan.

Setiap instrumen investasi dengan keuntungan tinggi maka risikonya akan tinggi juga, begitu pun sebaliknya. Nah, berikut adalah beberapa tips yang akan membantu kamu dalam memulai investasi properti untuk meraih kebebasan finansial.

1. Jangan Terburu-buru

Melihat banyak yang cuan dari investasi real estat, mungkin kamu ikut tergoda untuk melakukan pembelian. Sebelumnya, kamu perlu melakukan beberapa analisa teknikal dan fundamental.

Sebagai investor real estat baru, kamu harus benar-benar memahami kondisi pasar, seperti berapa banyak properti yang disewa, bagaimana mereka mempertahankan nilainya untuk di jual kembali, dan faktor lingkungan lainnya. Bahkan, kamu perlu melihat 100 properti sebelum memutuskan untuk membelinya. Karena ini merupakan keputusan dan komitmen besar, jadi luangkan waktu untuk itu.

2. Buat Tujuan Investasi Properti

Penting bagi kamu untuk menentukan apa yang kamu inginkan dari investasi properti. Apakah sebagai aset, seperti membuka kantor untuk bisnis sendiri, rumah untuk di sewakan, membeli tanah lalu di garap untuk perkebunan atau hanya sebagai sarana memperoleh keuntungan dalam jangka pendek, seperti membeli rumah, merenovasi, lalu menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi.

3. Buat Jangka Waktu

Dengan mengetahui tujuan investasi akan mengarahkan kamu untuk menetapkan waktu untuk pencapaian tersebut. Dengan begitu, kamu akan mudah menentukan bentuk properti investasi apa yang sesuai dengan periode waktu yang telah kamu rencanakan itu.

4. Kenali Pasar Anda

Jangan hanya mengandalkan agen real estat atau investor lain untuk mengetahui pasar yang akan kamu beli. Lakukan riset dan ketahui nilai properti di lokasi tersebut. Mengetahui pasar akan membantu memastikan bahwa kamu membuat keputusan yang tepat.

5. Rencanakan Semua Pengeluaran

Saat membeli real estat untuk tujuan investasi, kamu perlu mempertimbangkan beberapa pengeluaran, seperti biaya pajak, utilitas, pemeliharaan, dan perbaikan. Bahkan jika kamu tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan pengelolaan terhadap propertimu, mencari pengelola adalah salah satu pilihan yang tepat.

Jika kamu memilih investasi di properti sewa, kamu perlu menentukan harga properti sewaan tersebut sehingga setiap biaya dan pengeluaran lainnya dapat terpenuhi. Selain itu, penting juga untuk memiliki asuransi di properti serta rencanakan juga pembiayaannya. kamu juga harus siap dengan biaya-biaya tambahan yang mungkin saja diperlukan.

6. Teliti Properti dengan Hati-hati

Mengenal Resiko Investasi Properti
Mengenal Resiko Investasi Properti | oirealtor.com

Jika kamu membeli tanah yang akan di jual kembali di kemudian hari, pastikan tanah tersebut memiliki kelengkapan surat-surat tanah dan cek keasliannya. Cari tahu apakah ada pembangunan jalan baru atau Rencana pembangunan lainnya yang dekat dengan properti yang kamu beli dan pertimbangkan apakah hal itu akan mempengaruhi nilai properti.

Dan yang paling penting, pastikan tidak ada masalah sengketa lainnya di properti tersebut. kamu mungkin juga perlu mempertimbangkan hal-hal seperti lingkungan sekitar, termasuk apakah area tersebut sedang dalam kawasan pembangunan, dan faktor eksternal lainnya yang dapat memengaruhi nilai properti.

Nah, setelah melakukan beberapa riset tersebut, kamu harus dapat membuat keputusan yang benar tentang instrumen investasi yang akan kamu beli. Berinvestasi selalu berisiko, jadi ingatlah itu. Kamu dapat mendapatkan uang dari investasi, tetapi juga bisa saja kehilangannya.

Maka, mulailah dari yang kecil, lakukan riset, dan pertimbangkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang sesuai dengan perencanaan. Pelajari dan pahami lebih lanjut tentang investasi real estat dan pasarnya, dan yang terpenting, jangan terburu-buru!

Trending