spot_img
BerandaInvestasi5 Menit Memahami Return on Equity (ROE), Dijamin Bakal Jago!

5 Menit Memahami Return on Equity (ROE), Dijamin Bakal Jago!

Sobat sudah pada tahu belum apa itu Return on Equity (ROE) dan cara hitungnya? Istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi para investor saham. ROE ini merupakan salah satu indikator penting bagi setiap investor ritel dalam mempelajari fundamental suatu perusahaan.

Buat sobat yang masih pemula, ROE menjadi salah satu istilah yang wajib sobat pahami sebelum melakukan transaksi pembelian saham. Pasalnya indikator ini akan memberikan indikasi atas kinerja suatu perusahaan.

Baca juga:

Sehingga sobat dapat menilai sudah sejauh mana perkembangan tiap perusahaan. Untuk tahu pembahasan selengkapnya terkait apa itu ROE dan cara menghitungnya, simak ulasan berikut ini ya!

Apa itu Return on Equity (ROE)?

Apa itu Return on Equity
Apa itu Return on Equity | finans.az

Dalam berinvestasi, tentu saja perusahaan yang memiliki kinerja yang baik akan diminati oleh para masyarakat investor. Perusahaan dengan kinerja keuangan yang berjalan baik, tentu saja akan memberikan keuntungan yang lebih tinggi kepada pemegang sahamnya.

Dengan demikian, semakin besar tingkat keuntungan yang diberikan perusahaan maka akan semakin banyak pula masyarakat yang ikut menanamkan modalnya pada perusahaan tersebut. Nah, jadi ROE ini menjadi salah satu return yang sangat diharapkan oleh para investor.

Pengertian ROE atau Return on Equity adalah rasio profitabilitas untuk mengukur kemampuan suatu perusahaan dalam menghasilkan laba bersih terhadap modal yang telah diinvestasikan oleh pemegang saham dari perusahaan tersebut. ROE ini dikenal juga dengan sebutan Rasio Pengambilan Ekuitas.

Semakin tinggi ROE maka akan semakin sehat perusahaan tersebut. Dengan kata lain, jika nilai ROE semakin tinggi atau bertumbuh, maka menunjukkan laba perusahaan dapat meningkat dari waktu ke waktu. Umumnya perusahaan dengan nilai ROE yang konsisten bertumbuh cocok untuk investasi jangka panjang.

Selain itu, nilai Rasio Pengambilan Ekuitas yang semakin bertumbuh juga dapat membuat perusahaan lebih cepat untuk melakukan ekspansi dengan mengembangkan perusahaan menjadi lebih besar. Sehingga secara otomatis aset dan laba perusahaan juga ikut semakin besar.

Selanjutnya analisa ROE juga penting dalam investasi saham karena nilai ROE yang tinggi akan menarik banyak masyarakat investor untuk memiliki saham pada perusahaan tersebut.

Hal ini tentu saja mendorong naiknya permintaan terhadap saham yang mengakibatkan harga saham otomatis akan mengalami peningkatan. Lantas, bagaimana cara menghitungnya?

Perhitungan Return On Equity (ROE)

Perhitungan Return On Equity
Perhitungan Return On Equity | diamond.jp

Umumnya Rasio Pengambilan Ekuitas dinyatakan dalam ukuran persentase (%). Semakin mendekati 100%, maka nilai ROE akan semakin baik. Biasanya terhitung ROE tinggi adalah > 15%. Untuk menghitung ROE diperlukan informasi terkait laba bersih dan rata-rata ekuitas dari para pemegang saham.

Baca juga:

Informasi terkait laba bersih bisa dilihat di laporan laba rugi, dan ekuitas pemegang saham bisa dilihat di laporan posisi keuangan atau neraca. Untuk rumus perhitungannya adalah sebagai berikut.

Return On Equity (ROE) = (Laba Bersih/ Ekuitas) x 100%

Contoh Perhitungan Return On Equity (ROE)

PT Sanif Jaya yang bergerak di sektor industri mencatat laba bersih dalam laporan laba rugi per 31 Desember 2021 adalah sebesar Rp 800 Juta. Dan nilai ekuitas pemegang saham di perusahaan tersebut adalah sebesar Rp 640 Juta. Berapakah nilai Return On Equity (ROE) dari PT Sanif Jaya tersebut?

Return On Equity (ROE) = (Laba bersih / Ekuitas) × 100%

ROE = (800.000.000 / 640.000.000) × 100%

ROE = 125%

Berdasarkan perhitungan tersebut, diperoleh hasil ekuitas pada PT Sanif Jaya tahun 2021 adalah sebesar 125%, telah melebihi 100%. Artinya PT Sanif Jaya mampu memanfaatkan modalnya untuk menghasilkan laba bersih 125% dari ekuitas yang dimilikinya.

Hal ini menandakan bahwa PT Sanif Jaya adalah perusahaan yang terbukti bisa memanfaatkan bantuan modal dengan sebaik-baiknya untuk menghasilkan laba. Sehingga saham pada perusahaan tersebut mempunyai prospek bagus yang cocok untuk berinvestasi.

Dari contoh di atas, sudah terlihat bukan jika ternyata Return On Equity (ROE) ini sangat berguna bagi investor sebagai tolak ukur kinerja keuangan suatu perusahaan dan juga indikator terpenting dalam memilih sebuah saham. Semoga bermanfaat.

Trending