spot_img
BerandaInvestasiMengenal Reksadana Pasar Uang Syariah dan Keuntungannya!

Mengenal Reksadana Pasar Uang Syariah dan Keuntungannya!

Saat ini tidak sedikit orang yang memanfaatkan bank sebagai tempat menyimpan uang, mengirim uang dan menerima uang. Padahal bank tidak hanya memiliki fungsi seperti yang sudah Kabarduit sebutkan di atas. Kamu bisa mempercayai bank sebagai layanan untuk berinvestasi dengan menyimpan uang di reksadana pasar uang syariah.

Tetapi sebelum kita mengenal apa itu reksadana pasar uang, sebaiknya kamu juga perlu memahami apa itu investasi. Singkatnya investasi adalah menanam modal dengan harapan bisa menerima keuntungan jauh lebih besar dan di kemudian hari.

Dengan berinvestasi, sobatduit bisa mendapatkan keuntungan dikemudian hari walaupun tanpa bekerja. Selain itu investasi juga memiliki peran penting dalam melindungi aset dari inflasi hingga menunjang nilai aset yang diinvestasikan.

Keuntungan begitu besar yang didapat tentu memiliki kelebihan dan risiko masing-masing. Makanya jangan pernah asal dalam memilih produk investasi supaya bisa memperoleh keuntungan dan mengurangi kerugian.

Baca Juga:

Pilihlah produk investasi yang sudah sobatduit kuasai, misalkan investasi dengan valuta asing, emas, properti, dan saham, padahal sobatduit belum begitu paham dengan kondisi pasar. Kalau salah langkah, tentu bakal membuat kerugian, karena tidak memiliki pengetahuan cukup dengan produk investasi tersebut.

Apa Itu Rekdasadana Pasar Uang Syariah?

Reksadana Pasar Uang Syariah
Reksadana Pasar Uang Syariah | repubblica.it

Mungkin masih bisa dihitung dengan jari orang yang tahu apa itu Reksadana pasar uang. Sebenarnya reksa dana salah satu produk investasi yang berupa kumpulan dana masyarakat pemodal yang dikelola menjadi investasi dalam bentuk portofolio efek seperti saham, obligasi, pasar uang, atau efek lainnya.

Terdapat beberapa jenis reksa dana yang perlu sobatduit ketahui diantaranya, Reksadana Pasar Uang, Reksa Dana Terproteksi, Reksa Dana Campuran, Reksa Dana Indek (RDI), Reksa Dana Pendapatan Tetap, dan Reksa Dana Saham.

Begitu juga dengan Reksadana pasar uang syariah adalah produk investasi yang memegang prinsip sesuai kaidah syariah islam. Begitu juga dengan manager investasi yang dijamin penempatan dana di instrumen berbagai efek di pasar modal yang tidak bertentangan dengan prinsip islam, baik di saham syariah dan sukuk.

6 Kelebihan Reksadana Pasar Uang syariah

Kelebihan Reksadana Pasar Uang syariah
Kelebihan Reksadana Pasar Uang syariah | thisismoney.co.uk

Selain mengetahui apa itu Reksa Dana pasar uang syariah, kamu juga perlu mengetahui apa-apa saja kelebihan Reksa Dana pasar uang berikut.

1. Keuntungan Stabil

Dalam mewujudkan kebutuhan di masa yang akan datang, tentu kamu perlu merencanakan sejumlah dana yang perlu dikeluarkan nanti. Sehingga membutuhkan jenis reksadana yang bisa memberikan keuntungan relatif tetap.

Dengan reksadana pasar uang syariah, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang tidak fluktuatif dan tidak terlalu pengaruh dengan kondisi ekonomi global.

2. Dana dengan mudah Dicairkan

Seperti yang kita tahu, saat menyimpan tabungan di deposito tentunya kamu perlu menunggu waktu jatuh tempo untuk mencairkan dana supaya tidak dikenakan pinalti. Tetapi aturan tersebut tidak berlaku di reksadana pasar uang.

Itulah salah satu keunggulan dari reksadana pasar uang syariah, diana kamu bisa menarik dana yang telah diinvestasikan kapan saja tanpa ada pinalti. Misalkan kamu memiliki tujuan awal untuk menyimpan uang di reksadana pasar uang selama tiga tahun, tetapi di tahun pertama kamu membutuhkan dana tersebut untuk kebutuhan darurat.

Maka disaat itu pula kamu bisa mencairkan dana tersebut tanpa harus menunggu jatuh tempo atau dikenakan pinalti.

3. Investasi Mulai dari Rp 100.000

Saat ini investasi sudah bisa dilakukan oleh siapa saja, karena tidak butuh lagi modal besar untuk berinvestasi. Di reksa dana pasar uang kamu sudah bisa melakukan investasi mulai dari Rp 100.000 di beberapa produk reksadana.

4. Bebas Biaya Pembelian dan Penjualan

Mungkin sebagian dari sobatduit masih belum tahu apa itu pembelian dan penjualan. Nah Pembelian disini adalah saat sobatduit ingin menambah simpanan atau investasi di reksdana pasar uang syariah. Sementara penjualan artinya kamu ingin mengambil sebagian dana yang telah disimpan.

Nah disini baik itu membeli atau menjual, sobatduit tidak akan dikenakan biaya yang minim. Sehingga sobatduit bisa dengan bebas membeli atau menjual reksadana pasar uang kapan saja.

5. Risiko yang Rendah

Saat kamu memilih reksadana pasar uang, maka risiko atau beban yang sobatduit tanggung sangat kecil, bahkan nyaris tidak ada. Makanya produk investasi satu ini cocok banget buat mereka yang ingin melakukan investasi tapi khawatir dengan risiko yang ada.

4 Istilah di Reksadana Pasar Uang yang Perlu Kamu Ketahui

Jika kamu sudah mulai tertarik untuk memilih produk investasi reksadana pasar uang, tentu ada beberapa istilah di dalamnya yang wajib kamu ketahui. Apa-apa saja istilah tersebut? Yuk simak dalam 4 poin berikut di bawah ini.

1. Portofolio Efek

Didalam berinvestasi reksana, ada saham, obligasi dan tanda bukti utang adalah contoh dari surat-surat berharga. Nah semua surat-surat memiliki istilah dengan sebutan portofolio efek.

2. Redemption Fee

Istilah satu ini disebut sebagai biaya yang dikenakan saat sobatduit ingin menjual atau mencairkan dana di reksa dana. Maka sejumlah uang yang dikenakan tersebut disebut sebagai redemption fee. Perlu diingat, kalau kamu berinvestasi di reksadana pasar uang syariah, maka kamu tidak dikenakan biaya jual atau saat ingin mencairkan dana.

3. Subscription Fee

Begitu pula dengan Subscription Fee, adalah lawan kata dari Redemtion Fee. Biaya membeli atau menaruh dana di reksadana itu dikenal sebagai subscription fee. Tetapi perlu dicatat kalau di reksadana pasar uang syariah itu tidak dikenakan biaya saat membeli reksana.

4. Manajer Investasi (MI)

Di dalam reksa dana pasar uang, dana yang telah sobatduit investasikan itu akan dikelola oleh Manager Investasi. Nah Manager Investasi disini tentu telah memiliki izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Itulah ulasan tentang Reksadana pasar uang syariah yang perlu kamu ketahui sebelum memulai investasi. Semoga dengan artikel yang Kabarduit bagikan ini, kamu lebih tahu tentang salah satu produk investasi aman satu ini.

Trending