spot_img
BerandaInvestasiBegini Cara Analisa Fundamental Saham Buat Pemula

Begini Cara Analisa Fundamental Saham Buat Pemula

Sobat tertarik melakukan investasi saham? Sebelumnya memulai untuk bertransaksi saham alangkah baiknya sobat untuk mempelajari cara analisa fundamental saham terlebih dahulu.

Analisa ini akan sangat berguna bagi kita untuk dapat dengan mudah mengetahui kondisi serta kinerja suatu perusahaan secara keseluruhan. Dengan begitu, sobat bisa lebih meminimalisir terjadinya risiko yang tidak diinginkan.

Baca juga: Pahami 5 Resiko Saham Biar Makin Untung

Nah, sebelum membahas bagaimana cara analisis fundamental saham agar bisa mendapatkan keuntungan secara berkelanjutan, sobat perlu memahami terlebih dahulu apa itu analisis fundamental.

Apa itu Analisis Fundamental?

Apa itu Analisis Fundamental
Apa itu Analisis Fundamental | bizzbuzz.news

Analisa fundamental adalah suatu teknik dalam melakukan analisa yang memperhitungkan beberapa faktor untuk menghasilkan penilaian yang tepat terhadap suatu perusahaan.

Dari penilaian tersebut kita dapat mengetahui apakah suatu perusahaan itu sehat atau tidak. Analisa fundamental ini akan mencoba untuk memprediksi harga saham di masa yang akan datang.

Sehingga dari pengecekan tersebut, kita sebagai investor bisa mengetahui mana perusahaan dengan performa baik yang sahamnya layak di beli untuk berinvestasi.

Analisis fundamental dilakukan dengan mempelajari indikator yang mempengaruhi nilai intrinsik suatu saham di mana lebih fokus pada laporan keuangan, kondisi industri dan perekonomian makro-mikro.

Berbeda dari analisa teknikal yang umumnya kerap digunakan oleh para trader yang berinvestasi dalam jangka pendek, analisa fundamental lebih sering digunakan oleh para investor yang melakukan investasi jangka panjang.

Baca juga: Pemula Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Investasi dan Trading

Cara Analisa Fundamental Saham

Cara Analisa Fundamental Saham
Cara Analisa Fundamental Saham | asktraders.com

Utamanya teknik fundamental ini lebih fokus melihat performa dan nilai dari perusahaan berdasarkan kinerja dan juga proyeksinya. Secara umum terdapat dua cara analisa fundamental saham yang mudah dilakukan untuk investor pemula, yaitu melalui pendekatan Top-Down Analysis dan Bottom-Up Analysis.

Cara Analisa Fundamental Saham dengan pendekatan Top Down

Dalam analisis top down yang menjadi objek analisanya adalah di mulai dari melihat kondisi makro ekonomi terlebih dahulu, lalu kondisi industri dan yang terakhir baru kinerja dari suatu perusahaan. Lebih jelasnya analisis ini di mulai dari:

1. Analisis makro ekonomi

Kondisi makro ekonomi suatu negara akan sangat berpengaruh terhadap kondisi dari perusahaan. Dalam teori makro ekonomi beberapa indikator yang bisa memengaruhi harga saham di antaranya Produk Domestik Bruto (PDB), tingkat inflasi, tingkat pengangguran, BI rate, kurs dan beberapa lainnya.

Analisis ini dilakukan untuk mendalami dan mengetahui prospek perekonomian di masa mendatang yang memiliki kaitan dengan perusahaan yang dinilai. Hal ini karena pertumbuhan dari suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh kondisi makro.

2. Analisis Industri

Setelah mengetahui kondisi ekonomi, selanjutnya adalah menganalisis sektoral atau industri di mana perusahaan tersebut berada. Hal ini penting dilakukan karena tingkat pertumbuhan industri dan pertumbuhan ekonomi pada sebuah negara tidak selalu sama.

Analisis sektoral ini dilakukan untuk menyelidiki potensi pertumbuhan dan juga perkembangan sektor industri di masa yang akan datang. Investasi yang baik dapat dilakukan pada industri yang bertumbuh atau di atas pertumbuhan ekonomi makro dan juga industri dalam tahap pertumbuhan karena dianggap memiliki kemampuan profitabilitas yang tinggi.

3. Analisis Perusahaan

Terakhir yaitu analisis yang dilakukan pada perusahaan mana yang ingin kita berinvestasi. Analisa mikro ini terbilang cukup luas yakni dengan mencermati kondisi finansial perusahaan melalui laporan keuangan yang diterbitkan perusahaan.

Analisis mikro perusahaan ini dilakukan untuk mengidentifikasi pergerakan dari harga saham pada perusahaan dan menyimpulkan apakah perusahaan tersebut mempunyai prospek yang cerah ke depannya atau tidak.

Baca juga:

Cara Analisa Fundamental Saham dengan pendekatan Bottom Up

Cara analisa fundamental saham selanjutnya adalah dengan pedekatan bottom up. Jika analisis Top Down dilakukan dari atas ke bawah maka bottom up dilakukan secara sebaliknya, yaitu mulai dari analisa mikro perusahaan, kondisi industri, baru setelahnya kondisi makro ekonomi.

Melalui pendekatan ini kita akan menganalisis kinerja dari suatu perusahaan terlebih dahulu melalui laporan keuangan yang dilaporkannya. Lalu kemudian baru menganalisis pada sektor industrinya.

Termasuk melihat tingkat persaingan di dalamnya, apakah persaingan sektor industrinya sehat atau tidak. Terakhir baru lah kita menganalisis bagaimana prospek perekonomian ke depannya.


Nah, itulah cara analisa fundamental saham melalui pendekatan top down dan bottom up yang mudah untuk sobat lakukan sebagai investor pemula. Semoga bermanfaat!

Trending