spot_img
BerandaFintechApa Sih Fungsi Bea Materai Rp 10000? Begini Penjelasannya!

Apa Sih Fungsi Bea Materai Rp 10000? Begini Penjelasannya!

Kamu pastinya pernah dimintai untuk membubuhkan materai Rp10000 pada saat menandatangani suatu dokumen penting, misalnya seperti surat pernyataan, surat perjanjian, akta, dan berbagai dokumen lainnya.

Banyak masyarakat yang menganggap fungsi dari materai ini adalah sebagai suatu alat yang memvalidasi sah tidaknya suatu dokumen tertulis. Namun dibalik itu, ternyata materai ini memiliki fungsi dan aturan penggunaannya yang tidak semua orang tahu.

Untuk itu, agar kamu tidak keliru, dalam artikel ini Kabarduit akan berbagi membahas fungsi dan penggunaan materai yang perlu kamu ketahui. Untuk itu, simak terus informasi selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Apa itu Bea Materai Rp 10000?

Apa itu Bea Materai Rp 10000
Apa itu Bea Materai Rp 10000 | javanesetaste.com

Berdasarkan Pasal 1 ayat (1) tentang Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1985 tentang Bea Materai bahwa bea materai adalah pajak atas dokumen yang dikenakan untuk dokumen tertentu yang bersifat perdata dan dokumen yang digunakan sebagai alat bukti di pengadilan.

Saat ini nilai materai baru yang berlaku sejak 1 Januari 2021 adalah Rp 10000 sebagai tarif tunggal. Materai tersebut dapat kamu peroleh dengan mendatangi langsung kantor Pos Indonesia.

Fungsi Materai Rp 10000

Fungsi Materai Rp 10000
Fungsi Materai Rp 10000 | linkedin.com

Sebelum membahas lebih jauh terkait ketentuan dari penggunaan materai, kamu perlu tahu fungsi dari materai itu sendiri. Karena anggapan bahwa materai merupakan syarat sahnya perjanjian adalah hal yang keliru.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa fungsi utama materai adalah sebagai pajak atas dokumen. Lebih lanjut, berikut beberapa fungsi materai yang masih jarang diketahui.

1. Alat Pemungutan Pajak

Bea materai menjadi salah satu alat yang digunakan pemerintah dalam mengumpulkan pajak dari masyarakat atas suatu dokumen. Sehingga bagi penggunanya sendiri meterai juga bisa menjadi bukti telah membayarkan pajak atas dokumen tertentu.

2. Bukan Penentu Keabsahan Dokumen

Pada dasarnya, keabsahan suatu dokumen perjanjian tidak ditentukan berdasarkan ada atau tidaknya meterai. Dengan kata lain, suatu dokumen tanpa materai bukan berarti tidak sah.

3. Alat Pembuktian di Persidangan

Fungsi lainnya dari materai dalam dokumen adalah untuk menggunakan dokumen tersebut sebagai pembuktian dalam persidangan. Dengan demikian, tanpa meterai tersebut tidak dapat dijadikan sebagai alat pembuktian di muka pengadilan.

Nah, dari ulasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa fungsi dari meterai Rp 10000 ini sebenarnya adalah sebagai pembayaran pajak atas dokumen tertentu dan tidak berhubungan dengan keabsahan dari suatu perjanjian atau dokumen tersebut.

Trending