spot_img
BerandaBisnisAffiliate Marketing Itu Apa Sih? Begini Penjelasannya!

Affiliate Marketing Itu Apa Sih? Begini Penjelasannya!

Di dunia internet saat ini, ada banyak peluang usaha yang dapat kamu lakukan. Banyak perusahaan besar Menjalankan bisnis di era digital saat ini, pastinya kita sudah tidak asing dengan konsep pemasaran online. Salah satu strategi internet marketing yang begitu populer saat ini adalah affiliate marketing. Melalui affiliate marketing ini sobatduit bisa memperoleh penghasilan kapan saja dan di mana saja. Lantas, affiliate marketing itu apa sih sebenarnya?

Bagi yang mau tahu lebih jauh simak sampai habis ya.

Affiliate Marketing itu Apa sih?

Sebenarnya Affiliate Marketing Itu Apa
Sebenarnya Affiliate Marketing Itu Apa? | rijkonline.nl

Affiliate marketing adalah suatu model bisnis dengan sistem pemberian komisi untuk jasa seseorang, setelah orang tersebut berhasil melakukan penjualan barang atau jasa merchant melalui pemasaran di internet. Sederhananya, suatu perusahaan akan memberikan komisi kepada affiliate (makelar) yang berhasil menjual barang/jasa miliknya yang dipasarkan melalui internet.

Saat ini, ada banyak perusahaan besar di bidang marketing yang memberikan kesempatan kepada pelanggannya untuk bergabung bersama perusahaannya melalui sistem afiliasi ini, seperti affiliate marketing Amazon, Shopee, Tokopedia, dan masih banyak lagi.

Ketika kamu bergabung dalam sebuah program afiliasi dan berhasil menarik pelanggan untuk membeli produk melaluimu, maka kamu akan mendapatkan komisi dari perusahaan tersebut. Komisi yang akan kamu peroleh ini tergantung dari perusahaan yang kamu ikuti. Jadi, pastikan kamu bergabung dengan perusahaan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu.

Ada tiga pihak yang terlibat dalam pemasaran afiliasi, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Merchant (pedagang): yaitu pihak pemilik barang atau jasa yang akan dipromosikan melalui internet. Barang jasa yang dijual bisa berupa barang nyata seperti buku dan perhiasan, barang maya seperti e-book dan template web, serta jasa seperti sewa domain, hosting, dan lain sebagainya.
  • Affilate (perantara): yaitu pihak perantara untuk menjual atau menarik pembeli untuk membeli barang dan jasa dari merchant.
  • Customer (pembeli): dari sebutannya saja kita sudah mengetahui bahwa costumer adalah pihak yang membeli barang dan jasa melalui penawaran yang dilakukan oleh affilate melalui internet.

Cara Kerja Afiliasi Marketing

Cara Kerja Afiliasi Marketing
Sudah Tahukan Affiliate Marketing Itu Apa? Begini Cara Kerjanya | amazingviralnews.com

Setelah mengetahui affiliate marketing itu apa, selanjutnya kita akan bahas bagaimana cara kerja dari program afiliasi ini. Dari penjelasan di atas, sudah tergambar jelas bagaimana sistem kerja program afiliasi marketing hingga dapat menguntungkan kamu selaku affiliate marketer, karena mendapatkan komisi dari hasil penjualan.

Affiliate marketing memiliki jalur yang hampir sama dengan seorang sales, bedanya seorang affiliate tidak perlu mondar-mandir untuk mencari pelanggan. Cukup menggunakan perangkat komputer, laptop, bahkan smartphone atau tablet kamu sudah bisa menjangkau banyak calon pelanggan. Nantinya affiliate marketer akan memperoleh link atau banner khusus untuk dicantumkan pada website-nya.

Untuk cara yang di perlukan untuk menjadi affiliate marketer terbilang cukup mudah. Pertama, kamu harus bergabung terlebih dulu dengan mendaftar pada program afiliasi tersebut melalui website yang telah disediakan. Selanjutnya jika sudah terdaftar menjadi member salah satu merchant, kamu akan mendapatkan link atau banner khusus dari merchant tersebut.

Kemudian kamu sudah bisa mulai mempromosikan barang atau jasa dari merchant dengan memasang link atau banner tersebut di berbagai jejaring internet, media sosial atau forum online lainnya. Lalu, saat ada calon pembeli yang tertarik ketika melihatnya dan masuk menuju ke website merchant yang menyediakan afiliasi melalui link atau banner yang terdapat di blog atau media sosial milikmu.

Nah, jika mereka tidak melakukan transaksi maka kamu sebagai affiliate tidak akan memperoleh komisi. Sebaliknya, jika terjadi transaksi antara pembeli dan merchant, maka kamu akan mendapatkan komisi oleh merchant sesuai dengan persentase yang telah ditentukan sebelumnya.

Biasanya pembayaran komisi ini akan diberikan jika affiliate marketer mencapai target tertentu, misalnya hasil penjualan menempuh beberapa ribu untuk afiliasi dalam negeri atau beberapa dolar untuk afiliasi luar negeri.

Untuk sistem pembayarannya beragam, tergantung proses pembayaran yang ditentukan oleh pihak merchant. Biasanya untuk afiliasi luar negeri akan dibayarkan melalui paypal atau cek. Sedang untuk afiliasi di Indonesia dapat dibayarkan melalui transfer rekening bank.

Kelebihan Program Afiliasi

Jika sobatduit tertarik untuk terjun ke dunia afiliasi dan menjadi seorang affiliate marketer, prospek cerah dalam memperoleh penghasilan melalui internet akan terbuka sangat lebar. Hal ini dikarenakan ada beberapa keuntungan yang akan kamu rasakan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Tidak perlu membuat produk, tidak perlu memikirkan stok barang, mengemas dan mengirim produk yang akan kamu promosikan, karena semua kegiatan tersebut telah diatur oleh merchant yang kamu ikuti.
  • Modal yang relatif sedikit, untuk modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis afiliasi sangat minim, bahkan tidak memerlukan modal sama sekali.
  • Tidak ada perjanjian yang terlalu mengikat, jika kamu telah terdaftar pada salah satu merchant dan ingin berhenti sebagai affiliate marketer maka kamu bisa langsung berhenti dalam mempromosikan produk.
  • Potensi penghasilan besar, dengan mengikuti program afiliasi, kamu dapat meraih keuntungan yang lebih besar daripada modal yang sangat minim bahkan gratis.
  • Menjadi ladang pasif income, bahkan kamu dapat menghasilkan uang ketika kamu sedang berlibur, pergi bekerja kantor, bahkan saat tertidur sekalipun. Pasalnya setiap proses transaksi secara otomatis telah diatur oleh merchant sebagai pemilik barang.

Nah, setelah sobatduit paham terkait affiliate marketing itu apa? Bagaimana? Sudah tertarik untuk bergabung menjadi affiliate marketer? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Trending